Link adalah alamat yang menghubungkan satu halaman ke halaman lainnya di internet. Link memudahkan pengguna internet dalam mengakses berbagai informasi. Karena Anda cukup klik link tersebut dan akan langsung diarahkan ke halaman website.
Tautan teks link sendiri umumnya bisa dibedakan dari teks biasa, warnanya biru dan memiliki garis bawah pada teks. Dengan link ini, siapa saja dapat mengakses berbagai informasi yang tersimpan di server dan menemukan website secara online. Anda bahkan dapat menyematkan link di dalam sebuah teks, gambar, dan elemen HTML lain.
Dalam konteks digital marketing, terutama SEO, link juga memiliki peranan penting. Link dapat meningkatkan otoritas dan kepercayaan pengguna internet terhadap website. Apalagi ketika link tersebut memuat kata kunci yang sesuai dengan isi kontennya dan berasal dari website terpercaya.
Fungsi Link
Berikut ini adalah beberapa fungsi link yang perlu Anda ketahui.
- Membantu pengguna internet untuk berbagi informasi dan data. Baik yang bentuknya tautan halaman, gambar, file, dan lainnya.
- Memudahkan pengguna internet dalam mengakses informasi dan menelusuri informasi yang tersimpan pada situs tersebut.
- Melakukan bookmark data ketika pengguna internet ingin mengakses kembali informasi pada sebuah website.
- Menjadi identitas website dan menggambarkan isi konten.
- Menghubungkan berbagai dokumen HTML pada sebuah website.
- Menemukan halaman web baru pada search engines.
- Membantu menentukan seberapa baik peringkat peringkat halaman di search engines.
Istilah-istilah Link
Jadi, link sendiri memiliki berbagai istilah dengan arti yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan tentang istilah-istilah link.
1. Shortlink
Shortlink adalah tautan website yang dibuat menjadi lebih pendek. Jadi, tautan yang sebelumnya panjang akan dipangkas tanpa mengubah informasi di dalamnya. Adapun fungsi shortlink adalah untuk mengurangi ukuran file HTML. Berbagai situs shortlink yang banyak digunakan, yaitu bit.ly, tinyurl, dan goo.gl.
2. Safelink
Safelink adalah tautan dengan kombinasi huruf dan angka yang kompleks. Tujuan dari link ini adalah untuk mengamankan tautan dari akses yang tidak diizinkan oleh server. Jika link diidentifikasi tidak aman, pengguna akan dibawa ke halaman yang menampilkan pesan peringatan.
3. Broken Link
Broken link adalah tautan halaman website yang tidak bisa ditemukan atau diakses oleh pengguna. Kondisi ini terjadi karena berbagai alasan. Misal, pemilik website salah memasukkan link, elemen yang rusak pada halaman, atau perubahan struktur link yang menyebabkan 404 error.
4. Spam Link
Spam link adalah tautan yang muncul berlebihan dan menyalahi aturan suatu platform. Biasanya spam link muncul di forum diskusi, komentar blog, dan situs online lainnya yang menampilkan komentar pengguna yang tidak berkaitan dengan konten. Tujuannya untuk mempromosikan website yang linknya tertera.
5. Backlink
Backlink adalah tautan dari satu website ke website lainnya. Google dan mesin pencari lain menganggap backlink sebagai sinyal otoritas atau tingkat kepercayaan pada suatu website. Itu kenapa halaman website dengan jumlah backlink tinggi cenderung memiliki peringkat mesin pencari dan trafik organik yang tinggi.
6. Link Building
Link building adalah salah satu strategi SEO yang bertujuan untuk mendapatkan link dari website-website berkualitas ke website Anda sendiri. Fungsinya untuk memperkuat otoritas halaman website di mesin pencari.
Semakin banyak tautan yang diterima dari website berkualitas, semakin Google menganggap situs Anda terpercaya. Hasilnya, peluang website Anda masuk ke halaman #1 Google semakin besar.
7. Internal Link
Internal link adalah tautan dari satu halaman ke halaman lainnya dalam satu website yang sama. Tautan ini digunakan untuk memudahkan pengunjung menemukan konten lain pada website.
Secara tidak langsung, penggunaan internal link ini dapat membantu meningkatkan peringkat halaman website di hasil pencarian. Sebab, internal link memudahkan bot melakukan crawling dan memahami konteks antar halaman website.
8. External Link
External link adalah referensi tautan ke halaman lain di luar website Anda sendiri. Istilah link yang satu ini digunakan untuk merujuk ke informasi lebih lanjut tentang suatu topik dan bisa dianggap sebagai rekomendasi pemilik website.
Comments
Post a Comment